Kamis, 15 Oktober 2009

PELAJARAN HIDUP


Menurut SALAH SATU pepatah "JADILAH ORANG SEPERTI SEEKOR KURA - KURA, JANGAN MENJADI SEEKOR KELINCI".

Begini ceritanya.........

Di suatu masa disuatu dimensi, kura-kura berdebat dengan kelinci mengenai siapa yang lebih cepat. Akhirnya mereka memutuskan untuk adu lari dan sepakat jalurnya.Kelinci melesat meninggalkan kura-kura. Setelah tahu kura-kura tertinggal jauh di belakang, kelinci beristirahat sejenak sebelum lanjut lagi, “Ah,aku istirahat dulu, ntar kalo si kura-kura dah dekat baru aku lari lagi.”. Kelinci duduk di bawah pohon (ga di atas pohon karena kelinci ga bisa manjat) dan akhirnya tertidur pulas.

Kura-kura akhirnya melalui kelinci yang sedang tertidur dan memenangkan adu lari.

Akhirnya kelinci pun terbangun dan menyadari dirinya telah kalah.

Moral : alon-alon asal kelakon yang akan berjaya

Karena malu dan kecewa yang mendalam, kelinci melakukan Antisipasi Kegagalan.

Ia yakin bahwa kekalahannya hanya karena ia terlalu percaya diri, ceroboh dan lalai. “Kalo kemarin aku ga macem-macem, ga mungkin aku kalah” pikir kelinci.

Ditantangnya lg si kura-kura, “Hei kura-kura, sini kamu aku tidak terima kamu menang , ayo kita lomba lagi, sekali ini pasti aku yang menang” .

Si kura-kura santai saja menjawab, “hayyuukk, siapa takut?”

Akhirnya dimulai lomba, dan dari awal lomba kelinci melesat meninggalkan kura-kura dan terus berlari hingga ke garis finish.

Moral : Yang cepet dan konsisten selalu mengalahkan yang alon-alon asal kelakon .

Kura-kura panas, dan setelah dipikir-pikir baru sadar kalau dia tidak bakalan bisa ngalahin kelinci dengan kondisi seperti itu.

Ditantangnyalah kelinci adu lari lg ke suatu tempat. “Hei kelinci, ayo kita lomba lagi.

Sekarang kita lewat jalan ini ke sana. Berani nggak?”

Lomba dimulai dan dengan kencangnya kelinci berlari meninggalkan kura-kura.

“Yang penting aku jangan setop-setop, pasti aku menang.” pikir kelinci.

Tiba - tiba, ternyata jalan di depan kelinci terhalang sungai. “Duh, gimana aku nyebrangin sungai ini? Aku khan tidak bisa berenang lagi” termenung si kelinci mencari jalan menyebrangi sungai.

Lama termenung, akhirnya kelinci melihat kura-kura datang dan berenang di sungai, keluar lagi berjalan pelan menuju garis finish.

Terpaku kelinci melihat kemenangan si kura-kura.

Moral : ketahuilah…jikalau punya kemampuan dan ubah keadaan sesuai kemampuan yang kita punya

Ngeliat si kelinci terpaku sedih, kura-kura pun menghampirinya dan bilang,”Sudah, jangan sedih, besok kita ulang lagi, tapi kita bersama"
Esoknya, lomba dimulai lagi, tapi sekarang kelinci menggendong kura-kura sampai tepi sungai. Kemudian gantian kura-kura menggendong kelinci menyebrangi sungai dilanjutkan kembali kelinci menggendong kura-kura sampai garis finish.

Hasilnya mereka berdua lebih cepat sampai di garis finish.

Moral : pinter dan berkemampuan tapi ga bisa kerjasama bakalan percuma karena dengan kerjasama maka kekurangan akan dipenuhi oleh yang lainnya .

Hikmah :

1. yang cepat dan konsisten selalu mengalahkan yang alon-alon asal kelakon .
2. bekerjalah sesuai kemampuanmu .
3. kumpulkan sumber daya dan kerja sebagai tim selalu mengalahkan kelebihan pribadi
4. jangan menyerah bila gagal .
5. berlombalah dengan situasi, jangan dengan saingan .

1 komentar: